Follow me on Instagram

Loading...

Thursday, November 15, 2012

Understanding the Tenses Used in Passive Voice: Present Tense

Entri ini sangat disarankan untuk Beginner atau Starter, yang masih baru-baru mempelajari bahasa Inggris. Saya rasa sudah banyak website-website tentang pembelajaran bahasa Inggris dari mulai Basic Grammar, Pre-Intermediate Grammar dan lain-lain, maka dari itu saya tidak menulis entri secara mendetail tentang bagaimana itu Present Tense, Past Tense, dan lain sebagainya. Saya hanya ingin membagi sebagian ilmu saya tentang common things we might find in learning English. Jadi jika anda ingin lebih lengkap tentang tenses, request saja, maka saya akan coba buatkan.

Langsung saja ya, di dalam entri ini, saya akan membahas tentang Tenses yang digunakan saat kita akan memindahkan suatu kalimat aktif ke kalimat pasif. Hati-hati, salah sedikit saja bisa membuat kalimat menjadi berbeda maknanya.

Passive Voice

Beberapa common tenses yang digunakan:
Present Tense
Past Tense
Present Perfect Tense
Past Perfect Tense
Future Tense
Present/Past Continuous Tense

Beberapa to be atau linking verb yang digunakan:
Am/Are/Is pada Present Tense
Was/Were pada Past Tense
Be pada Future Tense
Being pada Present&Past Continuous Tense
Have/Has/Had Been pada Present&Past Perfect Tense

Dalam entri ini, saya terlebih dahulu akan menjelaskan tentang present tense. Karena akan sangat panjang bila saya menjelaskan semua dalam satu entri.

Present Tense

Present Tense adalah tenses yang digunakan untuk hal-hal yang bersifat rutinitas yang akan dilakukan secara terus-menerus, dan kalimat-kalimat umum.
Pada tenses dalam bentuk pasif, ada beberapa perubahan, namun bukan berarti mengubah tenses tersebut ya.Yang berubah itu letak objek langsungnya, pronoun, dan ada tambahan linking verb-nya.
Dalam Present Tense, linking verb yang digunakan adalah:
Am - untuk objek I
Are - untuk objek We, They, You, dan objek-objek yang bersifat plural atau jamak, seperti the teachers, the cats, books, cars, dan lain sebagainya.
Is - untuk objek She, He, It, dan objek-objek yang bersifat singular atau tunggal, seperti the teacher, the cat, a book, a car, dan lain sebagainya.

Langsung ke contoh ya ^-^

My mother cooks dinner every night.

Untuk pemula, mari kita analisis yang mana subjek, yang mana objek, dan yang mana predikat.
Dalam konteks kalimat ini, saya menambahkan adverb of time yaitu 'every night'.
Subjek dalam kalimat ini tentu 'my mother', karena dia merupakan pelaku predikat.
Lalu, predikatnya adalah 'cooks', karena ini adalah apa yang dikerjakan oleh 'my mother'.
Objeknya tentu 'dinner' ya, karena inilah yang dilakukan oleh 'my mother'

Sudah paham? :)
Mari kita lanjutkan...
Karena kita akan mengubahnya ke bentuk Passive, maka penempatan objek harus dipindahkan ke depan.
Kita sudah dapatkan:
S = My mother
V = cooks
O = dinner
Adverb of time = every night

Sebagai langkah awal, pindahkan objek ke depan:

Dinner

Lalu gunakan linking verb. Kira-kira mana linking verb yang digunakan dalam konteks ini? Analisa dulu ya, jadi jangan terburu-buru. Perhatikan kata 'dinner'. Apakah 'dinner' merupakan kata yang bersifat jamak atau tunggal. Tentu 'dinner' adalah kata yang tunggal karena tidak ada letter 's' kok di sebelah 'r'. Iya kan? :D

Nah, langkah berikutnya adalah: apakah tenses dari linking verb tersebut past tense atau present tense?
Kita kan sudah dapat ya, bahwa kata 'dinner' itu sendiri tunggal, maka tinggal memilih antara is, was, atau has been.
Apa yang harus dilakukan? Lihat verb yang digunakan. Seperti yang dibahas di atas, Verb-nya adalah cooks. Cooks itu bentuknya present tense untuk subjek yang dijelaskan di bagian awal di atas dan subjek yang bersifat tunggal. Karena tensesnya itu present tense, maka linking verb yang digunakan adalah is.

Jika sudah tau tensesnya, akan mudah mengubahnya ke dalam Passive Voice.

Dinner is

Passive voice menerangkan objek yang dilakukan oleh subjek, jadi tak mungkin kan 'Dinner is cook'.
Jadi hasilnya:

Dinner is cooked.

Didapatlah rumus ini:
O+LV+Verb ke3

Lalu untuk subjek, subjek disini disebut by agent. Kita bisa menggunakannya di akhir kalimat, bisa juga dihilangkan. Tergantung the importance of the subject itu sendiri. Kalau saya sih lebih suka menghilangkan by agent. Namun, saya sendiri menilai kembali penting atau tidaknya si subjek itu. Kalau subjeknya sekedar she, he, it, I, you, we, they sih saya tidak memakai by agent. Kalo ada penjelasan seperti "my mother", "my friends" atau "the president of US" atau "The leader", saya akan menambahkan by agent. Namun sekali lagi, itu tergantung diri masing-masing menilai seberapa pentingnya subjek tersebut. Tetapi, saya tidak pernah pakai by agent setiap ujian tetap dibenarkan kok. :)

Namun, lain halnya bila menghilangkan ADVERB atau mengganti TENSES. Itu sama saja dengan mengubah kalimat, dan hal itu sangat TIDAK DIBENARKAN.

Dalam kalimat ini, saya menambahkan adverb of time pada akhir kalimat. Tentu, jangan hilangkan adverb-nya ya.
Adverb pada umumnya dapat diletakkan dimana saja. Bisa di akhir, bisa di tengah, bisa di awal. Saya pribadi lebih suka di awal atau di akhir. ^-^

Jadi, hasil akhirnya adalah:

 Dinner is cooked by my mother every night.


atau

Every night, dinner is cooked by my mother.


Mengapa saya pakai by agent pada kalimat ini? Because my mother is the most important person to me. ;)

Mudah bukan? :D

Panjang kalau dijelaskan, tetapi saya hanya akan menjelaskan dengan detail pada present tense ini, supaya pada penjelasan past tense dan sebagainya, anda sudah tahu caranya. Karena saya tidak akan menjelaskan tenses berikutnya sedetail seperti yang saya jelaskan di present tense. Pada dasarnya, caranya semua sama kok: Menganaisis subjek, verb, objek, adverb (bila ada), plural or singular object, tenses, dan by agent.

Notes on Present Tense:

Mengapa contoh kalimat di atas itu disebut present tense?
Karena artinya sang ibu melakukan aktivitas rutin yaitu memasak makan malam setiap malam, yang artinya sang ibu akan melakukannya lagi keesokan harinya dan di kemudian harinya, dan seterusnya.

Bagaimana dengan are dan am?
Mudah, hanya lihat objek-nya. Namun khusus untuk am, hanya I yang menjadi objeknya.

Bagaimana bila objeknya manusia?
Bila objeknya manusia, pasti dalam kalimatnya, objeknya berbentuk pronoun. Untuk itu, jangan langsung pindahkan objek ke depan bila kasusnya si objek itu manusia ya. Pronoun-nya harus diubah dulu menjadi subjek biasa. Contohnya:

He hugs her every morning.

Ingat, jangan sampai mengubahnya menjadi seperti ini:

Her is hugged every morning. 
Ini sangat salah. Ubah dulu her-nya jadi she.

Inilah hasil yang benar:

She is hugged every morning.

Bagaimana bila terdapat objek lain setelah objek?
Ini disebut direct object dan indirect object. Kadang memang sulit ya menjelaskannya secara rinci. Tetapi, saya akan beri penjelasan sedikit melalui contoh ini:

She gives them English books for free.

'Them' disini merupakan direct object, dan 'English books' merupakan indirect object. Artinya, subjek berinteraksi langsung dengan objek langsung yaitu 'them' dan memberikan objek tak langsung (buku) kepada objek langsung. Tidak mungkin kan kalau jadi 'Dia memberikan mereka kepada buku secara gratis' -_-

Jadi, hasil perubahan ke bentuk pasifnya:
They are given English books for free.

Contoh lain Passive Voice dalam bentuk Present Tense:
We drink milk every morning
Milk is drunk every morning

I read English book and Japanese book
English book and Japanese book are read

The judge usually tells the truth
The truth is usually told by the judge

My father teaches me justice
I am taught justice by my father

She writes many letters every day
Many letters are written every day

Well, that's all about passive voice in Present Tense. I hope you like it, and I hope you can catch up with my explanation.
Sekali lagi, entri ini hanya berisi tentang present tense used in passive voice. Untuk next entri about passive voice, nanti akan saya update entri baru tentang past tense. Masing-masing entri terdapat 1 tenses, supaya tidak kepanjangan isinya. Mohon maaf bila saya agak lelet mempublikasikan entri, karena koneksi yang sangat menyebalkan lamanya, ditambah saya yang memanga agak sedikit pemalas. Hehehe. Selain itu, saya tak hanya meng-update tentang edukasi, namun saya juga suka meng-update tentang beauty, tapi pasti saya akan berikan next entri tentang entri ini kok. :)
Ada pertanyaan? Bila masih ingin bertanya (belum mengerti penjelasan saya pada entri ini), silakan memberi komentar di bawah entri ini ya. Pakai bahasa tidak baku atau baku atau english sekalipun tak masalah bagi saya kok. I'm friendly, tenang aja. :)
Tetapi, of course, I don't accept inappropriate comments.

See you next time. Have a nice day ^-^


No comments:

Post a Comment